3 Tips Antisipasi Penyadapan WhatsApp

3 Tips Antisipasi Penyadapan WhatsApp – Jika Anda adalah pengguna smartphone yang aktif, Anda tentu tidak asing lagi dengan aplikasi chatting yang sangat populer di seluruh dunia. Apalagi kalau bukan WhatsApp. Aplikasi canggih asal Amerika ini bahkan memiliki sekitar 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Dikenal dengan kemudahan penggunaan dan ‘sederhana’, aplikasi ini tentunya tidak akan memenuhi memori ponsel Anda. Ini menjadikan WhatsApp aplikasi pilihan bagi semua orang untuk mengirim pesan.

Ada begitu banyak pengguna aktif WhatsApp sehingga WhatsApp menjadi media yang mudah untuk menguping seseorang. Tentu saja hal ini menjadi berbahaya dan membuat pengguna tidak nyaman. Untuk mengantisipasi penyadapan di WhatsApp, ada beberapa hal yang harus diwaspadai sebagai berikut.

1. Tidak ada salahnya untuk lebih teliti dengan metode verifikasi dua langkah

Opsi pertama adalah menggunakan fitur “Verifikasi Dua Langkah” WhatsApp atau yang biasa dikenal dengan “Verifikasi Dua Langkah”. Caranya sangat mudah, ketika Anda membuka WhatsApp Anda hanya perlu masuk ke ‘Setelan’ > ‘Akun’ > ‘Verifikasi Dua Langkah’. Fitur ini akan meminta Anda untuk memasukkan kode rahasia 6 digit yang akan memungkinkan Anda untuk mengakses akun WhatsApp Anda. Tentu saja, ini mempersulit seseorang untuk membobol akun WhatsApp Anda karena mereka akan diminta untuk memasukkan kode.

2. Karena kelalaian dapat terjadi kapan saja, jaga agar ponsel tetap dalam pengawasan

Fitur WhatsApp Web adalah untuk membuka pesan WhatsApp di perangkat lain. Tujuannya untuk memudahkan Anda agar selalu terhubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya di aplikasi WhatsApp. Namun, hal ini justru memberikan celah bagi orang lain yang tidak bertanggung jawab untuk bisa melihat isi percakapan di akun WhatsApp Anda. Cara kerjanya cukup sederhana: hanya dengan memindai kode batang di ponsel cerdas Anda, orang lain dapat dengan mudah melihat seluruh isi pesan di WhatsApp tanpa takut Anda mengetahuinya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, jangan hanya meminjamkan ponsel Anda ke sembarang orang. Juga, selalu periksa WhatsApp Anda di pengaturan web WhatsApp apakah terhubung ke perangkat lain atau tidak.

3. Tidak ada salahnya menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Applock, SmartApp Lock atau Whats Lock

Pada dasarnya sistem kerja aplikasi sadap kurang lebih sama dengan sistem kerja di WhatsApp Web. Jadi jika Anda menghubungkan aplikasi Anda ke WhatsApp Web dan ternyata Anda dapat terhubung tanpa harus memindai barcode, kemungkinan besar seseorang mendengarkan WhatsApp Anda. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda juga perlu menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi pihak ketiga yang digunakan adalah Applock, SmartApp Lock atau Whats Lock. Khusus untuk Whats Lock, Anda bisa mengamankan aplikasi WhatsApp dengan kata sandi, baik berupa PIN maupun berupa pola yang agak rumit. Mengunci WhatsApp penting untuk menghindari hanya membuka akun WhatsApp Anda dan mencuri kode batang untuk disinkronkan dengan WhatsApp Web, membuat percakapan di WhatsApp dapat dilihat dari perangkat lain. Dengan bantuan aplikasi pihak ketiga ini, Anda juga dapat membuat privasi Anda lebih aman. Meski ponsel Anda dilihat oleh orang lain, privasi yang terdapat di WhatsApp tetap aman.

Itulah 3 tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah WhatsApp menguping. Semoga berhasil, hm!

You May Also Like

About the Author: Naomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *