5 Fitur WhatsApp Yang Terabaikan, Tapi Berguna

5 Fitur WhatsApp Yang Terabaikan, Tapi Berguna – WhatsApp memang awalnya dibuat sebagai layanan pesan instan. Namun, seiring berjalannya waktu, sang developer mulai memperhatikan perhatian lebih dari platform pesan instan. Beberapa fitur menarik mulai ditambahkan di sana.

Meski demikian, para pengguna hanya menggunakan WhatsApp berkirim pesan. Ya, tidak salah memang, mengingat kodrat utamanya adalah sebagai alat berkirim pesan. Padahal, kalau kamu perhatikan dengan seksama, banyak macam fitur menarik yang jarang disentuh.

Kesampingkan fitur voice call, kirim video, foto, pakai emoticon, atau mungkin kini bisa berkirim sticker. Untuk kali ini, kami akan membahas fitur menarik yang berguna, tapi sering terabaikan. Apa saya?

1. Fitur Pin Obrolan

Fitur pin chat sebenarnya merupakan fitur yang sederhana. Dengan fitur ini, kamu bisa ‘memaku’ kira-kira percakapan mana yang akan kamu taruh di deret paling atas. Mungkin kamu punya percakapan yang penting dan tidak ingin tenggelam dengan percakapan yang lain, kamu bisa pakai fitur ini.

caranya sih cukup mudah. Cukup tekan dan tahan yang lama percakapan mana yang ingin kamu gantung di atas. fitur ini pun tidak terbatas hanya satu percakapan. Jadi, kamu bisa bebas tentukan mana yang ingin kamu pin.

2. Bagikan Lokasi Langsung

Fitur berbagi lokasi memang bukan hal yang baru. Fitur ini malah sudah ada di berbagai platform pesan instan selain WhatsApp. Namun, WhatsApp pun memberikan perbaikan pada fitur berbagi lokasi, yakni dengan mengirim lokasi secara langsung.

Gunanya apa? Banyak. Pertama kamu bisa memastikan teman atau pacar kamu tidak berbohong. Hal ini karena kini banyak aplikasi fake GPS dan sebagainya. Dengan adanya live location, kamu bisa mengetahui keberadaannya secara akurat. Kedua, ini bisa dipakai untuk mencari ponsel, lho.

Asal, lokasi durasi live masih aktif. Caranya gampang, cukup klik icon attachment yang ada di percakapan. Lalu tap Location dan pencet Share Live Location. Kamu bisa memilih durasi antara 15 menit, satu yam, sampai delapan yam.

3. Pesan Berbintang

fitur ini mirip-mirip dengan pin chat. Bedanya, kalau pin chat akan ‘memaku’ percakapan seseorang secara keseluruhan (kolom percakapan)>Nah, pesan yang berbintang ini akan menyimpan salah satu percakapan yang mungkin berkesan atau penting bagi kamu.

Caranya cukup tap salah satu bubble percakapan yang diinginkan, lalu tap ikon bintang. Jika berhasil nantinya ada logo bintang di percakapan yang dimaksud. Dan bila kamu ingin melihatnya lagi, kamu bisa tap ikon tiga titik yang ada di menu utama lalu pilih starred messages.

4. Statusku

Fitur ini mirip-mirip seperti IG Stories. Ya, ini karena WhatsApp dan Instagram masih satu induk dengan Facebook. Jadinya, apa yang ramai di Instagram coba dibawakan di WhatsApp. Walaupun terkadang tidak banyak orang yang memanfaatkan fitur tersebut.

Fitur ini menjadi salah satu fitur utama. Kamu bisa mengaksesnya dengan menggeser ke kanan di antara menu Chats dan Calls. Lalu kamu bisa tap Add My Status. Berbeda dengan IG Stories yang hanya punya durasi 15 detik per story, di WhatsApp kamu bisa merekam 30 detik.

5. Tandai sebagai Belum Dibaca

‘Kok pesan gue dibaca doang?’ Kamu pasti pernah mengalami situasi seperti ini bukan? Ya, biasanya kita secara tidak sengaja menekan salah satu percakapan sehingga yang terjadi adalah pesan tersebut telah terbaca.

Padahal, faktanya kamu bahkan tidak mengetahui apa isi pesan tersebut, atau mungkin kamu belum mau membalasnya. Mudah, kamu tinggal pakai fitur mark as unread ini. Jadi, nantinya pesan tersebutakan terbaca ‘read’ atau sudah terbaca.

Fitur WhatsApp mana yang sudah kamu gunakan?

You May Also Like

About the Author: Naomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *