9 Perbedaan Antara WhatsApp Bisnis Dan WhatsApp Biasa

9 Perbedaan Antara WhatsApp Bisnis Dan WhatsApp Biasa – Pesatnya perkembangan teknologi sepertinya tidak menghentikan WhatsApp untuk berpuas diri. Hal itu diwujudkan dalam sebuah inovasi yang dirilis secara resmi bernama WhatsApp Business. Dilansir dari situs resmi WhatsApp, WhatsApp Business sendiri merupakan aplikasi Android tersendiri yang gratis untuk diunduh. Selain itu, tujuan utama WhatsApp Business adalah untuk memudahkan para pelaku bisnis berinteraksi langsung dengan konsumen.

Namun apa perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp biasa? Berikut ratingnya!

1. Perbedaan logo

Secara visual, perbedaan pertama yang terlihat adalah perbedaan logo. WhatsApp Business memiliki logo yang masih menyerupai logo aplikasi aslinya. Hanya saja di tengahnya terdapat huruf kapital ‘B’, yang berbeda dengan logo ponsel di WhatsApp biasa.

2. Ada profil bisnis

WhatsApp Business sengaja dirancang untuk para pebisnis skala kecil. Oleh karena itu, aplikasi ini mengharuskan Anda membuat profil yang memuat deskripsi bisnis, alamat email, alamat tempat usaha, dan website. Hal ini untuk memudahkan konsumen dalam mengakses informasi penting.

3. Fungsi balasan cepat

Jumlah konsumen yang banyak terkadang dapat membuat Anda kesulitan untuk membalas pesan dari konsumen dengan cepat. Fitur ini dapat memudahkan Anda untuk membalas pesan yang dikirim oleh konsumen. Tidak hanya pertanyaan umum, tetapi juga salam dan pesan di luar jam kerja bisa menjadi jawaban meskipun Anda sedang sibuk.

4. Bebas memilih kategori bisnis

WhatsApp Business dapat membagikan profil perusahaan mulai dari website resmi, lokasi bisnis hingga jam operasional. Sebagai trader, Anda juga dapat memilih dari kategori trading yang tersedia. Dengan fitur ini, Anda tidak harus menjadi bisnis besar karena kategori Bisnis WhatsApp juga terbuka untuk bisnis kecil lainnya. Jadi jika kategori bisnis tidak tercantum, jangan khawatir karena Anda bisa memilih kategori lainnya.

5. Analisis pesan interaksi antara pembeli dan penjual

Pentingnya data interaksi yang dimiliki oleh para pelaku bisnis tampaknya menjadi poin yang harus diperhatikan oleh pengembang WhatsApp Business. Di dalam aplikasi WhatsApp Business Anda dapat melihat data statistik penting untuk perkembangan bisnis Anda. Data ini dapat menjadi dasar untuk menganalisis bisnis Anda.

6. Kategori pesan masuk melalui label

Kehadiran ‘Label’ di WhatsApp Business memungkinkan Anda mengelola pesan masuk tertentu. Hal ini memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan konsumen agar lebih terorganisir. Fitur ini terbilang baru karena belum hadir di versi WhatsApp biasa. Dengan adanya update ini, para pelaku bisnis mengaku semakin mudah untuk mengatur hal-hal yang penting.

7. Jangan ‘hanya’ menggunakan nomor ponsel

Keuntungan menggunakan WhatsApp Business adalah Anda dapat memasukkan nomor telepon rumah atau bisnis untuk berkomunikasi dengan konsumen. Jadi Anda tidak harus menggunakan nomor ponsel seperti WhatsApp biasa.

8. Centang hijau

Verifikasi diperlukan saat membuat akun WhatsApp Business. Nomor telepon akun yang sesuai dengan nomor telepon bisnis Anda diperlukan untuk proses verifikasi. Jika keduanya cocok, Anda akan mendapatkan logo centang hijau di sebelah nama akun. Ini juga yang menjadi pembeda antara WhatsApp Business dan WhatsApp biasa.

9. Nama di akun WhatsApp Business tidak dapat diubah

Berbeda dengan WhatsApp pada umumnya yang memudahkan Anda untuk mengganti nama profil, WhatsApp Business justru sebaliknya. Saat meluncurkan aplikasi WhatsApp Business, Anda akan diminta memasukkan nomor telepon. Setelah itu, Anda akan menerima kode yang akan dikirimkan sebagai verifikasi data. Kemudian Anda akan diminta memasukkan nama untuk akun bisnis di WhatsApp Business dan tentunya Anda akan mendapatkan peringatan awal bahwa nama di akun bisnis tidak bisa diubah.

Itulah 9 perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp biasa. Keuntungannya, Anda bisa mempresentasikan bisnis Anda dengan lebih kredibel karena memiliki nomor khusus yang diverifikasi oleh WhatsApp! Selamat berbisnis, ya!

You May Also Like

About the Author: Naomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *