9 Trik Memaksimalkan Penggunaan WhatsApp Business

9 Trik Memaksimalkan Penggunaan WhatsApp Business – Inovasi yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Fitur WhatsApp Business yang merupakan pengembangan dari WhatsApp Messenger telah resmi dirilis. Dilansir dari situs resmi WhatsApp, WhatsApp Business merupakan aplikasi yang diunduh secara gratis. Aplikasi ini dirancang khusus untuk para penggiat usaha kecil agar bisa langsung berinteraksi dengan konsumen. Kabar baiknya, produk ini juga dirilis di Indonesia setelah dirilis langsung di negara asalnya Amerika, disusul Inggris, Meksiko, dan Italia.

Fitur yang disediakan WhatsApp Business memang sedikit berbeda dengan WhatsApp pada umumnya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui cara memaksimalkan penggunaan WhatsApp Business.

1. Integrasi dengan produk

Beberapa merek besar seperti KLM maskapai Belanda yang terkenal dan perusahaan perjalanan BookMyShow telah mengintegrasikan produk perusahaan ke dalam WhatsApp Business. BookMyShow memungkinkan konsumen untuk mendapatkan status pesanan, konfirmasi tiket, dan masih banyak lagi. Hal ini tentu saja menguntungkan bagi konsumen karena dapat mengetahui setiap detail dari transaksi yang dilakukan.

2. Umpan balik

Dalam memulai membangun sebuah usaha, sangat diperlukan adanya saran dan kritik dari konsumen agar usaha tersebut dapat berinovasi ke arah yang lebih baik. Anda bisa berkreasi dengan mengembangkan kuesioner agar konsumen bisa memberikan feedback. Selain itu, WhatsApp Business juga memungkinkan Anda untuk melakukan polling dari konsumen. Saran dan kritik yang datang dari konsumen dapat dikompensasikan dengan pemberian kupon untuk memancing intensitas mereka untuk berinteraksi kembali di masa mendatang.

3. Balasan cepat

Mobilitas yang tinggi dalam berbisnis, mau tidak mau memaksa Anda untuk selalu cepat dalam merespon pesan dari konsumen. Oleh karena itu, WhatsApp Business juga menyediakan fitur Quick Reply. Fitur ini memungkinkan Anda membuat jawaban cepat yang diatur dengan kata kunci tertentu. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat waktu karena Anda tidak perlu mengetik satu atau dua kalimat penuh dari awal. Caranya mudah, hanya dengan membuka Settings > Business Settings > Quick Reply.

4. Gunakan Siaran

Siaran di WhatsApp adalah salah satu media yang paling umum digunakan untuk menawarkan produk, harga paket, dan promo terbaru. Ternyata tidak hanya di WhatsApp saja, di WhatsApp Business juga ada fitur ini yang memudahkan Anda untuk memaksimalkan angka penjualan.

5. Ada pesan salam

Memanfaatkan fitur Greeting Message dapat membantu Anda mengelola bisnis untuk menjalin komunikasi yang lebih baik dengan konsumen. Fitur ini akan dikirimkan secara otomatis kepada konsumen yang telah menghubungi bisnis Anda setelah 14 hari tanpa komunikasi. Caranya mudah, tinggal buka menu Setting > Business Setting > Greeting Message.

6. Masih bisa mengaktifkan keamanan dua langkah

Demi keamanan data bisnis Anda, sebaiknya jangan lalai dengan mengaktifkan keamanan dua langkah. Hal ini sebagai langkah antisipatif untuk melindungi pesan yang ada di akun WhatsApp Business Anda agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

7. Ini adalah waktu nyata

Pelayanan kepada konsumen yang bersifat real-time merupakan salah satu bentuk investasi yang cukup mahal. Ini biasanya diterapkan di perusahaan skala besar. Pasalnya, para pebisnis pasti memiliki karyawan yang siap siaga setiap saat untuk menjawab pertanyaan dari konsumen terkait informasi produk. Dengan WhatsApp Business, Anda tidak perlu repot lagi merekrut banyak pekerja karena aplikasi ini dapat melakukannya dengan mudah tanpa mengeluarkan banyak biaya. Dengan kemampuan yang terdapat pada WhatsApp Business, Anda bisa mengirimkan berbagai konten seperti pesan suara, foto, hingga video. Hal ini tentu saja membuat pelayanan kepada konsumen menjadi lebih up-to-date dan personal.

8. Terkadang tidak ada salahnya mengadakan flash sale!

Dengan fasilitas penyematan foto dan lokasi, konsumen yang berhubungan dapat mengetahui kapan saja saat terjadi penjualan. Promosi ini bisa berupa flash sale atau harga khusus pada hari-hari tertentu.

9. Bagikan kode promo untuk diberikan

Anda dapat memaksimalkan fitur status di WhatsApp Business dengan membagikan kode promosi kepada konsumen. Kode promo ini bisa digunakan konsumen untuk membeli produk di website Anda dengan berbagai potongan harga hingga penawaran menarik. Anda bahkan bisa mengadakan give away untuk pelanggan setia melalui fitur status.

Jumlah pengguna aktif WhatsApp masih menjadi juara. Dengan cakupan yang begitu luas bukan tidak mungkin dengan menggunakan WhatsApp Anda semakin mengembangkan pasar bisnis Anda ke pasar yang lebih luas. Hal inilah yang membuat Anda wajib mengetahui cara memaksimalkan penggunaan WhatsApp untuk bisnis Anda agar tidak sia-sia menggunakannya. Semoga beruntung!

You May Also Like

About the Author: Naomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *