Aplikasi WhatsApp Akan Tawarkan Layanan Berbayar Lewat Iklan Di Halaman Status

Aplikasi WhatsApp Akan Tawarkan Layanan Berbayar Lewat Iklan Di Halaman Status – Setelah dua pendiri WhatsApp hengkang, kemungkinan dari isu hadirnya iklan pada aplikasi ini semakin tinggi. Hal ini tentu akan sangat disayangkan oleh para pengguna karena sejak awal, aplikasi WhatsApp hadir secara gratis dan bebas iklan.

Padahal, penggunaan WhatsApp sudah sangat populer menjadi salah satu aplikasi yang bahkan menggantikan fungsi SMS. Setelah sekian lama memberikan layanan ‘gratis’, aplikasi WhatsApp akan tampilkan layanan berbayar lewat iklan di halaman status.

1. Peluang bisnis baru pada halaman status

Seberapa sering kamu menggunakan halaman ‘Status’ di aplikasi WhatsApp? Munculnya halaman ‘Status’ pada aplikasi WhatsApp memungkinkan pengguna untuk mendapatkan media sosial di aplikasi pengiriman pesannya.

Halaman ini juga digunakan untuk berbagi informasi secara tidak langsung dengan tetap memungkinkan terjadinya interaksi antarpengguna. Hal inilah yang memicu adanya potensi untuk membuat WhatsApp menjadi salah satu peluang bisnis baru untuk menyisipkan iklan di halamannya.

2. Tampilan iklan di WhatsApp

Hingga saat ini, WhatsApp akan menghadirkan layanan iklan tersebut di halaman ‘Status’ seperti layaknya fitur yang sudah dirilis juga di halaman Instagram Stories. Tidak seperti iklan di YouTube yang terpaksa harus kamu saksikan selama beberapa detik, iklan di halaman Instastories (dan halaman Status WhatsApp nantinya) bisa langsung kamu swipe jika kamu tidak tertarik melihatnya.

Belum ada informasi yang pasti mengenai durasi iklan yang muncul melalui halaman ‘Status’ dan bagaimana resminya fitur iklan akan diadaptasi oleh WhatsApp. Meski demikian, hingga saat ini diperkirakan bahwa tampilan ‘Status’ akan mengadaptasi fitur yang sama dari Instastories.

3. Fitur baru Vacation Mode di WhatsApp

Belum lama ini, WhatsApp juga dikabarkan sedang menyiapkan fitur ‘Vacation Mode’ untuk blokir pesan saat liburan. Bagi kamu yang sering merasa terganggu oleh pesan WhatsApp yang masuk saat kamu sedang tidak di kantor, nantinya kamu akan bisa memblokir pesan WhatsApp yang masuk saat kamu sedang berlibur tersebut menggunakan fitur ‘Vacation Mode’.

Dilansir dari akun Twitter resmi @WABetaInfo, WhatsApp akan menambahkan fitur untuk memberikan keterangan di profil WhatsApp kita bahwa kita sedang berlibur. Ketika mengaktifkan ‘Vacation Mode’ atau mode liburan, berbagai pesan WhatsApp yang masuk tidak akan muncul.Fitur ini pun akan memudahkan kita untuk mengabaikan pesan yang masuk dan percakapan yang kita tidak ingin terlibat di dalamnya.

Fitur ‘Vacation Mode’ ini masih dalam pengembangan dan belum ada keterangan resmi dari pihak WhatsApp perihal kapan fitur ini akan digulirkan.

Fitur ‘Vacation Mode’ ini nantinya akan muncul di menu pengaturan notifikasi. Dengan mengaktifkan fitur ini, pesan dari obrolan yang mute pun akan otomatis diarsipkan (archived), sehingga kita tidak akan terganggu dengan suara pesan yang masuk.

Beberapa fitur baru yang akan diadaptasi oleh WhatsApp ini mungkin menjadi fitur yang bisa dimanfaatkan. Namun, apakah keberhasilannya akan tetap mempertahankan WhatsApp sebagai aplikasi pengiriman pesan terpopuler? Hal ini masih menjadi pertanyaan hingga kamu sudah merasakan sendiri seberapa besar pengaruh iklan di halaman Status.

You May Also Like

About the Author: Naomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *