Begini Cara Mengamankan Akun Whatsapp Ketika Smartphone Hilang

Begini Cara Mengamankan Akun Whatsapp Ketika Smartphone Hilang – Aplikasi pesan Whatsapp hampir pasti ada di semua Smartphone, pesan SMS SMS sebagai percakapan berbasis teks. Sama seperti perangkat dengan ukuran kecil lainnya, smartphone berisiko rusak dan hilang.

Ada baiknya, Anda mempersiapkan diri dengan mengetahui cara mengamankan akun Whatsapp sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan pada smartphone, termasuk kemungkinan rusak ataupun hilang.

Lalu, bagaimana cara mengamankan akun beserta data-data yang ada pada aplikasi Whatsapp ketika smartphone hilang? Berikut caranya.

Hal pertama yang harus dilakukan

Jika Smartphone hilang, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunci kartu SIM. Ini bisa seluler kamu lakukan dengan cara menghubungi penyedia layanan / operator yang kamu gunakan. Berikut nomor operator seluler yang bisa kamu hubungi untuk meminta pemblokiran kartu SIM agar tidak disalahgunakan:

Telkomsel (Simpati, Kartu As, Loop, KartuHalo): 188

Indosat-Ooredoo (IM3-Ooredoo): 185

Hutchison 3 (Tri): 123

XL Axiata (XL Prioritas, XL, Axis): 817

Nonaktifkan akun Whatsapp

Setelah kamu menonaktifkan kartu SIM dengan cara yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, kamu bisa meminta kartu SIM baru dengan nomor yang sama untuk mengaktifkan akun Whatsapp lama di smartphone baru, dengan data-data yang sama pada smartphone yang rusak atau hilang.

Atau, jika situasi belum memungkinkan untuk mengaktifkan akun Whatsapp dari kartu SIM baru dengan nomor yang sama, Anda punya opsi lain yang bisa segera dilakukan.

Email Pengembang Whatsapp dalam format ini

Berikutnya, kamu bisa menonaktifkan akun Whatsapp pada smartphone yang rusak atau hilang dengan cara mengirimkan email ke tim pengembang Whatsapp. Tidak sembarangan, tim pengembang Whatsapp memiliki regulasi khusus untuk dapat memproses penonaktifan akun Whatsapp.

Kamu harus mengikuti format berikut ini:

Alamat email: [email protected]

Perihal: “Hilang/Dicuri: Harap nonaktifkan akun saya”

Isi Email: “Hilang/Dicuri: Harap nonaktifkan akun saya [masukkan nomor telepon yang terhubung ke akun Whatsapp]”

Jangan lupa gunakan kode negara (Indonesia: +62) sebagai awalan / awalan nomor telepon.

Apa yang terjadi ketika akun Whatsapp dinonaktifkan

Jika kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas dan sudah mendapatkan balasan email dari tim pengembang Whatsapp, berikut adalah hal yang terjadi pada akun setelah proses penonaktifan:

Akun Whatsapp kamu tidak terhapus selamanya, dapat dikembalikan dengan syarat menggunakan kartu SIM dengan nomor yang sama (dapat diminta ke operator seluler yang kamu gunakan)

Contact tetap bisa melihat profile Whatsapp kamu, namun pesan yang dikirim akan tertunda (pending) dengan batas waktu selama 30 hari. Jika melebihi 30 hari dan akun whatsapp kamu belum melalui tahap pengembalian, maka pesan akan dihapus secara otomatis

Sebagai tambahan, jika kamu belum memroses (mengembalikan) akun whatsapp lama dalam jangka waktu 30 hari, maka tim pengembang whatsapp alias menghapus akun tersebut secara permanen.

Cara menonaktifkan akun Whatsapp saat terjadi hal yang tidak diinginkan pada smartphone kesayangan, baik hilang maupun rusak.

You May Also Like

About the Author: Naomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *