Cara Membuat Link WhatsApp Otomatis Langsung Ke Chat Pribadi

Cara Membuat Link WhatsApp Otomatis Langsung Ke Chat Pribadi – Aplikasi WhatsApp memiliki fitur tautan untuk memudahkan penggunaannya dalam melakukan obrolan pribadi tanpa perlu menyimpan nomor telepon terlebih dahulu.

Dengan kata lain, link WhatsApp adalah fitur yang memudahkan penggunanya dalam memulai chat dengan orang lain tanpa perlu menyimpan nomor orang tersebut. Pengguna hanya perlu mengklik link yang diberikan dan akan langsung menuju ke chat pribadi dengan orang itu.

Biasanya, link WhatsApp juga digunakan oleh online shop di media sosialnya seperti Facebook dan Instagram, sehingga calon pembeli bisa mengklik tautan link tanpa perlu menyimpan nomor online shop tersebut.

Nah, bagi kamu yang memiliki online shop dan ingin membuat link WhatsApp, inilah cara membuat link WhatsApp otomatis langsung ke chat pribadi.

Cara Membuat Link WhatsApp dengan Mudah

Saat ini, pengguna WhatsApp bisa mengirim pesan pada pengguna WhatsApp lainnya tanpa perlu menyimpan nomor telepon. Tentu hal ini menjadi fitur yang ditunggu-tunggu oleh para pemilik toko atau bisnis online yang menggunakan WhatsApp untuk melakukan komunikasi dengan calon pembeli karena cukup memasang link WhatsApp yang bisa diklik kapan saja.

Fitur link WhatsApp ini sangat bermanfaat untuk para pemilik toko atau bisnis online, sebab jika dulu masih harus menggunakan SMS atau telepon untuk bertanya-tanya seputar produk, kini calon pembeli hanya perlu mengklik link WhatsApp saja.

Selain itu, calon pembeli pun tidak perlu repot-repot menyimpan kontak atau nomor telepon toko online tersebut. Nah, langsung saja, berikut ini adalah cara membuat link WhatsApp dengan mudah.

1. Cara membuat link WhatsApp biasa

Untuk membuat link WhatsApp, caranya sangat mudah. Kamu tinggal memasukkan nomor telepon pada shortlink WhatsApp saja. Link tersebut nantinya bisa kamu gunakan di Facebook, Instagram, Blog, Website, dan lain-lain sebagainnya sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu hal yang perlu dicatat adalah nomor telepon harus menggunakan kode internasional. Untuk Indonesia sendiri yaitu menggunakan code 62 sebagai pengganti 0 di awal nomor telepon.

Untuk penulisan nomor telepon juga tidak menggunakan spasi, tanda plus, ataupun tanda strip, karena jika menggunakan dua simbol atau tanda tersebut, maka tidak akan terbaca oleh server api WhatsApp. Misalnya saja nomor WhatsApp yang kamu miliki adalah 085697984834, maka kamu tinggal mengubahnya menjadi 6285697984834.

Contoh:

+62-856-9798-4834 Salah.

62-856-9798-4834 Salah.

6285697984834 Benar.

Jika menggunakan shortlink WhatsApp, maka hasilnya adalah sebagai berikut.

Tautan pendek WhatsApp:

https://api.whatsapp.com/send?phone=

atau

https://wa.me/

Hasil:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285697984834

atau

https://wa.me/6285697984834

kamu tinggal mengubahpada shortlink WhatsApp di atas dengan nomor WhatsApp yang kamu miliki. Mudah bukan?

Jika seseorang membuka tautan tersebut dari aplikasi atau situs tertentu, maka WhatsApp akan otomatis terbuka dan langsung mengantarnya pada jendela obrolan pribadi pada nomor yang tertera pada tautan.

2. Cara menambahkan teks pada link WhatsApp

Kalau kamu sudah paham tentang cara membuat link WhatsApp, maka kini akan dijelaskan bagaimana cara menambahkan teks pada link WhatsApp. Link tadi hanyalah sebuah pintasan untuk mengantarkan kita menuju ke jendela chat pribadi WhatsApp saja. Di sana, tampilan chat akan terlihat kosong dan tidak berisi teks apapun secara default.

Nah, untuk kamu yang memiliki toko online, akan lebih terbantu jika saat calon pembeli mengklik link tersebut telah langsung tersedia form order, bukan? Atau, jika baru ingin bertanya tentang sebuah produk, sudah disediakan teks template seperti, “Saya mau pesan produk A, apakah bisa dibantu?”

Untuk membuat teks template tersebut, kamu hanya perlu menggunakan cara menambahkan teks pada link WhatsApp di bawah ini.

kode garam berikut:

https://api.whatsapp.com/send?phone=&teks=

atau

https://wa.me//?teks=

Untuk, formatnya yaitu menggunakan %20 sebagai spasi dan %0A sebagai enter (menurunkan baris).

Misalnya kamu ingin membuat kalimat berikut ini:

“Lingkaran cahaya!

Saya mau pesan produk A, apakah bisa dibantu?”

Maka, hasilnya adalah sebagai berikut:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285697984834&text=Halo!%0ASaya%20mau%20pesan%20produk%20A,%20apakah%20bisa%20dibantu?

atau

https://wa.me/6285697984834/?text=Halo!%0ASaya%20mau%20pesan%20produk%20A,%20apakah%20bisa%20dibantu?

3. Cara membuat link WhatsApp menggunakan Bitly atau Short URL

Selanjutnya, ada pula cara membuat link WhatsApp menggunakan Bitly atau Short URL. Kedua adalah sebuah situs yang menyediakan layanan untuk memperpendek link URL agar lebih mudah diingat.

Untuk membuat link WhatsApp yang pendek menggunakan Bitly, caranya sangat mudah. Berikut langkah-langkahnya.

– Pertama, buka situs https://bitly.com.

– Kalau sudah, silahkan masukkan link WhatsApp yang sudah kamu buat tadi dan ingin kamu perpendek link-nya agar lebih mudah diingat.

– Kemudian, klik ‘Persingkat’.

– Untuk hasil link yang sudah diperpendek, maka akan ditampilkan pada bawah kolom.

– Untuk fungsinya, klik ‘Copy’ dan tempelkan link di akun media social kamu.

Selain untuk memperpendek link WhatsApp, Bitly juga menyediakan fitur tracking URL yang akan memudahkan penggunanya untuk melacak link-link yang telah di-share di berbagai media sosial, serta melihat statistik link mana saja yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna.

Sedangkan untuk membuat link WhatsApp yang pendek menggunakan Short URL, caranya adalah sebagai berikut.

– Pertama, buka situs https://www.shorturl.at.

– Kalau sudah, silahkan masukkan link WhatsApp yang sudah kamu buat tadi dan ingin kamu perpendek link-nya agar lebih mudah diingat.

– Kemudian, klik ‘Shorten URL’.

– Untuk hasil link yang sudah diperpendek, maka akan langsung ditampilkan pada layar.

– Untuk penggunaannya, klik ‘Copy URL’ atau langsung share link tersebut pada akun media social kamu dengan cara mengklik pilihan media social yang tersedia.

4. Cara menyimpan link WhatsApp pada Linktree

Selain dengan memperpendek link WhatsApp agar lebih mudah diingat, cara lain yang bisa kamu gunakan untuk membagikan link WhatsApp tersebut adalah dengan menyimpannya di Linktree.

Kalau kamu pengguna Facebook, Twitter, maupun Instagram, mungkin kamu sudah mengetahui bahwa di media-media social tersebut hanya bisa memasukkan 1 URL yang bisa diklik, yaitu pada bagian Bio. Jika tempat URL tersebut sudah kamu isi dengan link website atau marketplace, maka kamu bisa menggunakan Linktree.

Linktree adalah sebuah tools yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan banyak link di dalam 1 URL yang ada pada media social. Dengan begitu, selain bisa menampilkan link website atau marketplace, kamu juga bisa menampilkan link WhatsApp. Langsung saja, berikut adalah cara menyimpan link WhatsApp pada Linktree.

– Pertama, buka situs https://linktr.ee.

– Kalau sudah, silahkan daftarkan akun kamu dengan memasukkan email, username, dan password.

– Kemudian, isi nama dan kategori akun kamu.

– Selanjutnya untuk memasukkan link WhatsApp, klik ‘Add New Link’ dan masukkan link WhatsApp yang sudah dibuat. Beri judul untuk memudahkan pengguna menemukan link WhatsApp tersebut.

– Terakhir, kamu bisa meng-copy link ‘My Linktree’ kamu ke Bio pada media sosial, agar calon pembeli dapat dengan mudah menemukan kontak WhatsApp kamu.

5. Cara membuat link WhatsApp menggunakan WhatsApp Link Generator

Terakhir, akan dijelaskan bagaimana cara membuat tautan WhatsApp secara otomatis menggunakan WhatsApp Link Generator. Dengan menggunakan cara ini, maka kamu tidak perlu menggunakan kode shortlink WhatsApp di atas. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

– Pertama, buka situs https://wa.wizard.id.

– Kemudian, isi nomor WhatsApp kamu pada kolom yang tersedia. Lalu, isi pesan atau teks template otomatis yang kamu inginkan.

– Jika kamu ingin melakukan custom pada link WhatsApp yang dibuat, klik ‘More Options’. Jika sudah, klik ‘Simpan Perubahan’.

– Selanjutnya, jika sudah rapi, klik ‘Generate Link’.

– Selesai. Kamu bisa menyalin link WhatsApp tersebut untuk membagikannya ke media sosial.

Mudah bukan? Selain situs tersebut, kamu juga bisa menggunakan situs-situs WhatsApp Link Generator lainnya, seperti:

– https://create.wa.link

– https://chatwith.io

– https://linknge.com

– https://wa.orderlink.in

– https://www.wasap.at

Selain mudah digunakan, beberapa tools WhatsApp Link Generator tersebut juga menyediakan shortener khusus, sehingga kamu tidak perlu menggunakan tools lainnya untuk memperpendek link secara manual.

Nah, itulah beberapa cara membuat link WhatsApp otomatis langsung ke chat pribadi. Mengapa penggunaan tautan WhatsApp sangat diperlukan? Salah satunya yaitu untuk peningkatan mendukung konversi penjualan.

Dalam bisnis online, kesulitan adalah yang utama. Saat calon pembeli merasa cara menghubungi penjual dan proses berbelanjanya sangat mudah, maka kepercayaan mereka untuk membeli produk juga akan meningkat. Selamat mencoba!

You May Also Like

About the Author: Naomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *