Cara Membuat Paspor Melalui Whatsapp Dan Layanan Antrian Imigrasi Online

Cara Membuat Paspor Melalui Whatsapp Dan Layanan Antrian Imigrasi Online – Banyak yang menyebutkan bahwa Anda perlu memperbarui paspor Anda secara online setelah kedaluwarsa. Bagaimana cara memperbarui paspor Anda secara online? Saat ini, pihak Imigrasi menetapkan kuota harian untuk penerbitan paspor baru dan perpanjangan. Oleh karena itu, salah satu syarat perpanjangan paspor adalah pengambilan nomor antrian imigrasi secara online.

Saat ini, hanya pendaftaran akun antrian imigrasi yang perlu Anda lakukan secara online. Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah datang dan membawa dokumen yang diperlukan. Bahkan lebih mudah jika Anda sudah membuat paspor daripada jika Anda dapat memperbarui paspor Anda melalui WhatsApp. Ya, dengan memasukkan detail pribadi Anda melalui nomor WhatsApp Anda, Anda dapat mengetahui tahap apa proses pembuatan paspor.

Cara memperbaharui paspor melalui WhatsApp (sama berlaku untuk membuat yang baru)

Bagaimana cara memperbarui paspor melalui WhatsApp? Beberapa Kanim sudah memiliki layanan WhatsApp Gateway Service (WGS) untuk pendaftaran kode antrian imigrasi. Saat ini terdapat empat agen imigrasi yang menggunakan layanan WGS.

– Kantor Imigrasi Kelas 1 Batam dengan nomor layanan 0822 8886 2017 atau 0822 8882.

– Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat dengan nomor pelayanan 0812 9900 4406.

– Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang dengan nomor pelayanan 08118119000.

– Pelayanan Imigrasi Kelas 1 Bogor dengan nomor pelayanan 08 1111 00 333.

Jika Anda ingin mendaftar untuk mendapatkan kode antrian imigrasi, Anda dapat mengirim pesan (chat) langsung ke salah satu nomor layanan Kanim. Layanan WhatsApp ini adalah sistem sehingga Anda hanya bisa mendapatkan template balasan jika Anda mengirim format pesan yang benar. Untuk mendapatkan nomor antrian adalah dengan format sebagai berikut.

#Nama#Tanggal lahir#Tanggal kedatangan untuk pembuatan paspor

Misalnya, Anto lahir pada 6 Februari 1980 dan ingin mendaftarkan paspornya pada 7 Februari 2019, maka ia mengirimkan formatnya.

#ANTO#06021980#07022019

Setelah obrolan terkirim, Anda akan menerima balasan balasan. Jika kuota Kanim masih tersedia, Anto akan mendapatkan kode antrian yang dapat ditukarkan pada tanggal 7 Februari 2019.

Jenis dan harga pembuatan atau perpanjangan paspor

Saat Anda membuat paspor, Anda akan diminta untuk mengisi formulir aplikasi paspor. Formulir ini memungkinkan Anda untuk memilih jenis paspor yang Anda butuhkan. Berikut adalah jenis pass yang dapat Anda pilih.

– Paspor biasa dengan 48 halaman: Rp 355.000

– Paspor biasa elektronik (e-paspor) 48 halaman: Rp 655.000

– Paspor biasa dengan 24 halaman: Rp 155.000

Harga pass berlaku apakah Anda mengajukan pass baru atau memperbaruinya. Berbeda dengan perpanjangan SIM, jika Anda memperbarui paspor setelah habis masa berlakunya, Anda tidak akan dikenakan biaya keterlambatan.

Baca Juga: 7 Langkah Perpanjangan Paspor Tanpa Broker, Mudah!

Cara membuat paspor baru

Apakah saya harus membuat paspor baru di kantor imigrasi tempat tinggal saya sesuai KTP? Setiap kantor imigrasi dapat menerbitkan paspor baru atau memperpanjangnya. Jadi jika Anda bekerja di luar kota, Anda dapat membuat paspor di kota tempat Anda bekerja dengan melampirkan surat keterangan pegawai.

Sebelum itu, Anda akan diminta untuk memindai dokumen yang diperlukan sebelum membuat paspor. Namun saat ini, semua dokumen tersebut hanya perlu difotokopi pada kertas ukuran A4. Berikut adalah dokumen yang perlu Anda siapkan.

– Formulir permohonan paspor (harus diisi setibanya di kantor imigrasi)

– Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) difotokopi di atas kertas A4, tidak digunting

– kartu Keluarga

– Akte kelahiran / akte kelahiran / ijazah / buku nikah / surat baptis

– Surat penunjukan nama

– Sertifikat tempat tinggal/sertifikat pekerjaan (dapat diminta dari departemen SDM perusahaan tempat Anda bekerja)

Selain mengeluarkan paspor anak (di bawah 17 tahun)

– KTP ayah atau ibu yang masih berlaku atau surat keterangan pindah ke luar negeri;

– kartu Keluarga

– Akta kelahiran atau surat baptis

– Surat nikah atau buku nikah orang tua

– Surat Perubahan Nama dari Pejabat yang Berwenang bagi yang melakukan perubahan nama

Saat membuat paspor baru, ada baiknya membawa semua dokumen asli sehingga Anda tidak perlu bolak-balik dengan persyaratan yang hilang atau harus menunjukkannya saat wawancara.

Persyaratan perpanjangan paspor jauh lebih mudah disiapkan karena Anda tidak perlu lagi membawa fotokopi dokumen. Jika Anda telah membuat paspor, informasi pribadi Anda telah dicatat dalam database untuk memfasilitasi persyaratan.

– Paspor lama

– Formulir permohonan paspor (harus diisi setibanya di kantor imigrasi)

– Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) difotokopi di atas kertas A4, tidak digunting

Cara membuat paspor online

1. Kunjungi situs web Imigrasi Online

Untuk mendaftar paspor online, Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan membuat akun. Anda dapat mendaftar di situs resmi queue.imigrasi.go.id kemudian pilih menu pendaftaran di kanan bawah jendela yang baru muncul.

2. Isi formulir pendaftaran

Isi formulir pendaftaran dengan memasukkan username, password, NIK, nomor telepon, email dan alamat rumah. Pastikan mengisi NIK dengan benar sesuai yang tertera di KTP atau kartu keluarga.

3. Pilih Kantor Imigrasi

Setelah Anda selesai membuat akun, Anda akan diminta untuk memilih salah satu kantor imigrasi dari daftar. Pilih kanim sesuai dengan tempat tinggal Anda. Jika Anda ingin membuat e-paspor, Anda dapat memilih salah satu Kanim berikut.

– Pelayanan Imigrasi Kelas 1 Jakarta Selatan

– Pelayanan Imigrasi Kelas 1 di Jakarta Utara

– Pelayanan Imigrasi Kelas 1 Jakarta Barat

– Pelayanan Imigrasi Kelas 1 Jakarta Timur

– Kantor Imigrasi kelas 1 di Kemayoran

– Pelayanan Imigrasi Kelas 1 di Bandara Soekarno Hatta

– Pelayanan Imigrasi Khusus Kelas 1 di Surabaya

– Layanan Imigrasi Kelas 1 Batam

4. Pilih tanggal paspor

Setelah memilih Kanim, tentukan ketersediaan waktu berkunjung. Ada 2 waktu yang bisa dipilih, yaitu shift pagi dari pukul 10.01-11.00 WIB atau shift sore dari pukul 13.01-14.00 WIB.

Anda juga dapat memilih jumlah pelamar di halaman yang sama. Pengajuan paspor dapat diajukan secara langsung untuk lebih dari satu pemohon. Prasyaratnya adalah pemohon terdaftar dengan nomor kartu keluarga yang sama.

5. Pendaftaran pemohon untuk penyerahan paspor

Setelah memilih jumlah pemohon, masukkan detail paspor pemohon. Informasi yang harus dicantumkan adalah nama lengkap dan NIK disertai surat pernyataan hubungan keluarga.

6. Konfirmasi data pemohon

Jika pengiriman data antrian dikonfirmasi dan berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman baru. Kode antrian akan muncul di halaman ini bersama dengan detail pemohon.

7. Tukar kode antrian dengan nomor antrian

Ketika Anda menerima konfirmasi, yang harus Anda lakukan adalah membawa kode antrian dan menukarnya dengan nomor antrian baru. Ketika Anda tiba di Kanim Anda akan dipanggil berdasarkan nomor antrian yang baru. Agar tidak ketinggalan, Anda harus berada di sana 30 menit lebih awal.

8. Mengisi formulir pengajuan dan pengumpulan dokumen

Sambil menunggu nomor antrean dipanggil, isilah informasi yang ada di formulir. Agar tidak bingung sebaiknya membawa pulpen agar loading data lebih cepat dan untuk berjaga-jaga jika tidak ada pulpen.

Setelah nomor antrian Anda dipanggil, serahkan dokumen tersebut kepada petugas di loket. Anda akan diarahkan untuk melanjutkan tahap wawancara dan foto. Setelah selesai, Anda akan menerima kode pembayaran.

9. Pembayaran melalui bank atau ATM

Pembayaran paspor dapat dilakukan melalui transfer bank ke nomor rekening resmi yang disediakan pihak imigrasi. Bank yang dapat dipilih untuk pembayaran paspor antara lain BNI, Mandiri, BRI dan BCA. Pembayaran dilakukan paling lambat 1×24 jam.

Baca Juga: Periksa Paspor Anda, 3 Hal Ini Bisa Membatalkan Paspor Anda

10. Pengambilan paspor

Pengambilan paspor dapat dilakukan tiga hari setelah pembayaran. Pastikan membawa kwitansi/bukti pembayaran jika ingin membawa paspor ke Kanim. Pengambilan paspor harus di lokasi tempat Anda mendaftar. Saat tiba untuk pengambilan paspor Anda akan diminta mengambil nomor antrian dan diarahkan ke loket pengambilan paspor.

Jadi cara membuat paspor atau perpanjangan paspor online pada dasarnya hanya perlu dilakukan untuk mengumpulkan nomor antrian imigrasi. Setelah itu, Anda dapat segera membawa dokumen Anda, mengambil foto paspor di Kanim dan mengambil paspor Anda tiga hari kemudian.

You May Also Like

About the Author: Naomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *