Cara Memulihkan Obrolan WhatsApp Dari Google Drive

Mengembalikan data WhatsApp dari cadangan yang dibuat oleh Google Drive adalah cara yang paling praktis dan mudah. Hanya dengan koneksi internet Anda dapat memulihkan semua data meskipun Anda berpindah perangkat.

Begitu juga untuk mengembalikan data cadangan dari Google Drive, Anda hanya perlu masuk dengan akun Google. Cara mengembalikan chat WhatsApp dari Google Drive ke ponsel baru.

Pulihkan cadangan

Ketika Anda membuka aplikasi WhatsApp di ponsel baru, WhatsApp akan segera meminta Anda untuk memulihkan percakapan dan cadangan media dari cadangan setelah memverifikasi nomor telepon Anda.

Pilih dan ketuk Pulihkan saat diminta, setelah itu semua data akan langsung dikembalikan ke tampilan terakhir WhatsApp yang Anda gunakan.

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan restore

Pastikan Anda mencoba memulihkan data yang dibuat dengan nomor telepon dan akun Google yang sama.

– Pastikan ada cukup ruang di ponsel Anda untuk memulihkan data yang dicadangkan.

– Pastikan Anda memiliki aplikasi Google Play Services di ponsel baru Anda, setidaknya Layanan Google Play diinstal pada Android seri 2.3.4 ke atas.

– Pastikan baterai HP dalam keadaan penuh atau tersambung ke sumber listrik (saat baterai sedang diisi).

– Pastikan ponsel Anda memiliki koneksi internet yang kuat dan stabil. Jika memulihkan melalui jaringan seluler tidak memungkinkan, coba sambungkan ponsel Anda ke jaringan Wi-Fi.

Jika WhatsApp tidak dapat melihat cadangan, mungkin karena Anda tidak terhubung ke akun Google yang sama. Bisa juga Anda tidak menggunakan nomor telepon yang sama dengan yang Anda gunakan untuk pencadangan.

Untuk melakukan ini, pastikan akun Google atau nomor telepon Anda harus sama saat berganti ponsel atau menginstal ulang aplikasi WhatsApp, sehingga pesan atau obrolan lama Anda yang penting dapat dipulihkan dan diakses kembali.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membackup data

– Pastikan Anda telah menambahkan akun Google di ponsel Anda.

– Pastikan Anda memiliki cukup ruang di akun Google Drive Anda untuk menyimpan cadangan.

– Pastikan Anda memiliki aplikasi Google Play Services di ponsel baru Anda, setidaknya Layanan Google Play diinstal pada Android seri 2.3.4 ke atas.

– Cobalah mencadangkan data menggunakan koneksi jaringan yang berbeda. Misalnya, coba sambungkan ponsel Anda ke Wi-Fi jika Anda tidak dapat mencadangkan WhatsApp melalui jaringan seluler.

Simpan obrolan dalam bentuk email

Jika Anda hanya membutuhkan cadangan percakapan selama beberapa menit, Anda dapat menyimpan percakapan antar pengguna WhatsApp dalam format teks. Karena ukurannya yang relatif kecil, arsip percakapan ini juga bisa dikirim langsung melalui email.

Caranya mudah, cukup buka tab chat yang ingin disimpan. Ketuk ikon burger (tiga titik) di pojok kanan atas, ketuk bagian Lainnya, dan ketuk Obrolan Email.

Kemudian akan muncul pilihan untuk memasukkan arsip berupa gambar, dokumen atau hanya teks. Untuk opsi yang lebih nyaman dan ringan, pilih arsip dalam format teks biasa.

Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk mengganti ponsel, Anda tidak perlu lagi ragu atau khawatir kehilangan data WhatsApp. Sekarang Anda bahkan dapat menyimpan data dari WhatsApp selamanya.

You May Also Like

About the Author: Naomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *