Cara Mengaktifkan Fitur Kunci Sidik Jari Terbaru Di WhatsApp

Cara Mengaktifkan Fitur Kunci Sidik Jari Terbaru Di WhatsApp – Aplikasi perpesanan WhatsApp akhirnya memperkenalkan fitur terbarunya yaitu kunci sidik jari. Fitur ini sebelumnya dirilis dalam versi beta dan sekarang versi terbaru Whatsapp yang telah dirilis stabil untuk mendukung fitur ini.

Dengan fitur keamanan baru ini, Anda bisa membuka aplikasi WhatsApp hanya dengan mengetuk layar dengan jari. Cara ini tidak hanya lebih aman tetapi juga lebih praktis daripada memasukkan PIN seperti aplikasi penguncian lainnya.

Hanya untuk ponsel dengan pemindai sidik jari

Seperti namanya, fitur ini tentunya hanya bisa digunakan oleh pengguna ponsel dengan fungsi pemindai sidik jari. Tentu saja hal ini tidak menjadi masalah karena fitur ini tidak hanya hadir di ponsel flagship, tetapi juga telah diadopsi oleh ponsel kelas menengah hingga entry-level.

Penasaran? Cara mengaktifkan kunci WhatsApp dengan sidik jari (fingerprint).

1. Perbarui aplikasi WhatsApp

Untuk mengakses fitur kunci sidik jari Whatsapp ini, Anda perlu memperbarui versi aplikasinya terlebih dahulu.

Versi terbaru WhatsApp yang mendukung fitur ini adalah 2.19.308.

2. Buka menu Privasi

Di aplikasi WhatsApp di ponsel Anda, buka menu pengaturan di sudut kanan atas. Setelah itu, masuk ke menu akun. Kemudian klik menu Privasi.

3. Klik Menu Kunci Sidik Jari

Di menu privasi sebelumnya, Anda dapat menelusuri menu. Jika ponsel Anda memiliki fungsi pemindai sidik jari, Anda akan menemukan opsi kunci sidik jari di bawah ini.

4. Pengaturan kunci sidik jari WhatsApp

Pada pengaturan pertama, Anda hanya perlu mengatur tombol radio untuk opsi Buka Kunci dengan sidik jari ke ON

Pengaturan kedua adalah Automatically Lock. Di sini Anda memiliki tiga opsi; Segera, setelah 1 menit dan setelah 30 menit. Jika Anda memilih Segera, aplikasi akan langsung terkunci begitu Anda menutup WhatsApp dan Anda dapat membukanya dengan sidik jari Anda.

5. Tampilkan konten di notifikasi

Jika Anda menginginkan perlindungan penuh, Anda dapat menonaktifkan fitur ini. Sebaliknya, jika Anda mengaktifkannya, Whatsapp akan tetap menampilkan notifikasi pop-up yang mungkin dapat dibaca oleh orang lain selain Anda.

Sebagai catatan, bagi kamu yang mengaktifkan fitur quick reply, pesan akan tetap terlihat di notifikasi. Selain itu, untuk Whatsapp Call atau Video Chat, pengguna juga dapat menjawab panggilan secara langsung tanpa harus membuka Whatsapp dengan sidik jari.

Kunci Aplikasi Jadikan ponsel lebih aman

Bagi saya pribadi – selain ponsel – mengunci setiap aplikasi adalah pilihan yang membuat kita lebih aman. Saya selalu berpikir bahwa semua hal hanyalah hadiah dari Tuhan. Jadi bukan tidak mungkin ponsel saya dicuri maling atau tidak sengaja saya tinggalkan di meja restoran.

Oleh karena itu, aplikasi yang berisi data sensitif pasti akan di-password ulang untuk perlindungan tambahan.

Perpesanan, kontak, galeri, aplikasi email, dan aplikasi dengan dompet elektronik memerlukan perlindungan tambahan. Alasannya ya, agar orang lain yang tidak berhak mengakses informasi pribadi saya, setidaknya mengalami kesulitan untuk membukanya, meski beberapa orang mudah diretas.

AppLock pihak ketiga

Jika ponsel Anda tidak menawarkan fitur AppLock standar atau bahkan pemindai sidik jari untuk mengunci Whatsapp. Anda masih memiliki alternatif dengan aplikasi kunci yang bisa Anda dapatkan di Google Play Store dan App Store.

Anda dapat mengunduh AppLock terbaik mis. B. AppLock oleh Do Mobile Lab, SpSoft, IvyMobile, Cleaner&Boo, BGNmobi, Perfect AppLock dan Norton App Lock.

Nah, kini data Anda sudah cukup aman setelah mengetahui cara mengaktifkan kunci sidik jari di WhatsApp.

You May Also Like

About the Author: Naomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *