Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah Di Aplikasi WhatsApp

Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah Di Aplikasi WhatsApp – Tidak hanya akun media sosial, akun di aplikasi perpesanan juga rentan diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Tujuannya tentu saja untuk mengetahui atau mencuri data-data penting yang Anda miliki.

Salah satu akun aplikasi perpesanan yang rentan diretas adalah WhatsApp. Untuk melakukan ini, Anda harus memperketat sistem keamanan dengan melakukan verifikasi dua langkah.

Pertama, mari kita bicarakan. Apa itu verifikasi dua langkah di aplikasi WhatsApp?

Apa itu verifikasi dua langkah?

Verifikasi 2 Langkah adalah salah satu fitur WhatsApp untuk meningkatkan keamanan akun WhatsApp Anda. Saat mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah, Anda akan diminta untuk membuat PIN enam digit. PIN ini kemudian akan diminta setiap kali Anda masuk atau membuka aplikasi WhatsApp Anda.

Dengan begitu, orang lain yang tidak mengetahui PIN tidak akan bisa mengakses aplikasi WhatsApp Anda.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan verifikasi dua langkah di aplikasi WhatsApp?

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah di aplikasi WhatsApp, lakukan hal berikut:

1. Buka aplikasi WhatsApp.

2. Akses menu dengan ikon titik tiga di pojok kanan atas.

3. Buka menu ‘Pengaturan’ atau ‘Pengaturan’. Kemudian pilih opsi ‘Akun’ atau ‘Akun’.

4. Pilih opsi ‘Verifikasi 2 Langkah’.

5. Anda akan diminta untuk membuat PIN dan mendaftarkan email.

6. Klik ‘Aktifkan’ atau ‘Aktifkan’. Jadi verifikasi dua langkah Anda di WhatsApp sudah aktif.

Setelah memasukkan PIN enam digit sebagai kode sandi dan email, Anda perlu mengingat PIN atau mencadangkannya melalui email.

Alamat email yang Anda daftarkan akan digunakan oleh WhatsApp untuk mengirimi Anda tautan untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah jika Anda lupa PIN.

Untuk itu, WhatsApp sangat menyarankan pengguna untuk memberikan alamat email yang akurat agar jika suatu saat Anda lupa PIN, akun WhatsApp Anda tidak akan diblokir.

Apa yang harus dilakukan jika Anda lupa PIN di WhatsApp?

Jika sewaktu-waktu Anda lupa PIN enam digit Anda, Anda dapat meminta WhatsApp untuk mengirimkan tautan melalui email kepada Anda untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah dan membuka kembali akun WhatsApp Anda. Untuk membantu Anda mengingat PIN, WhatsApp secara berkala akan meminta Anda memasukkan PIN.

Jika Anda kemudian menerima email untuk menyisih dari verifikasi dua langkah tetapi tidak memintanya, jangan klik tautan tersebut. Seseorang mungkin mencoba membuka akun WhatsApp Anda.

Cara mengaktifkan verifikasi dua langkah di aplikasi WhatsApp. tepat? Dengan verifikasi dua langkah, setelah memasukkan nomor telepon, Anda juga akan diminta memasukkan PIN enam digit yang Anda buat. Dengan cara ini, akun WhatsApp Anda juga akan terlindungi dari serangan hacker.

Sistem keamanan autentikasi dua faktor di Instagram

Bersamaan dengan WhatsApp, Instagram adalah aplikasi yang rentan terhadap peretasan. Oleh karena itu, Instagram juga baru-baru ini memperkenalkan sistem keamanan berlapis berupa autentikasi dua faktor menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu Google Authenticator.

Instagram sebelumnya mendukung autentikasi dua faktor melalui SMS. Namun baru-baru ini Instagram menambahkan dukungan autentikasi dua faktor menggunakan aplikasi Google Authenticator.

Dengan otentikasi dua faktor, setelah memasukkan kata sandi untuk masuk, pengguna diminta untuk memasukkan kode tambahan yang dikirim melalui SMS atau melalui aplikasi pihak ketiga. Akun juga lebih aman dan terlindungi dari peretasan.

Nah, biar lebih aman, jangan lupa aktifkan two-step verification atau autentikasi dua faktor di akun media sosial kamu, ya!

You May Also Like

About the Author: Naomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *