Cara Menggunakan Web Whatsapp

Cara Menggunakan Web Whatsapp – Kami menambahkan beberapa informasi tambahan ke artikel ini, mis. B. Cara menggunakan WhatsApp Web tanpa memindai kode QR dan cara menggunakan WhatsApp Web di ponsel Android dan iOS.

Cara menggunakan web whatsapp

Mengetik percakapan panjang atau melakukan percakapan WhatsApp dengan banyak orang di smartphone sangat memungkinkan. Namun, melakukan salah satu atau kedua aktivitas ini pada saat yang sama bisa menyakitkan.

Inilah juga mengapa WhatsApp telah merilis layanan yang dijamin akan membuat segalanya menjadi sangat mudah bagi Anda. Layanan tersebut adalah WhatsApp Web.

WhatsApp Web memungkinkan Anda melakukan percakapan atau obrolan di WhatsApp langsung dari browser atau browser komputer atau laptop Anda. Harapannya adalah Anda akan lebih mudah mengetik percakapan dengan keyboard fisik.

Syaratnya, saat Anda menggunakan WhatsApp di komputer, smartphone Anda harus tetap menyala dan terhubung ke Internet, baik melalui jaringan GSM maupun WiFi. Hal ini diperlukan karena platform web WhatsApp sebenarnya merupakan cermin dari aplikasi WhatsApp di smartphone.

Artinya, jika Anda bepergian ke luar negeri dan tidak memiliki koneksi internet di ponsel cerdas Anda, Anda tidak akan dapat menggunakan WhatsApp Web.

Lantas, bagaimana cara menggunakan WhatsApp Web? Temukan jawabannya di bawah ini.

1. Buka browser dan kunjungi situs web WhatsApp

Langkah pertama menggunakan WhatsApp Web adalah membuka browser di komputer atau laptop Anda. Kemudian kunjungi situs web https://web.whatsapp.com.

Semua browser dapat digunakan untuk mengakses WhatsApp Web. Itu berarti Anda dapat menggunakan Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Opera atau Apple Safari untuk mengakses layanan web WhatsApp.

Baca Juga: Cara Menggunakan Banyak Akun Secara Bersamaan di Whatsapp Web

2. Temukan kode QR di situs web WhatsApp

Setelah membuka halaman https://web.whatsapp.com, Anda akan langsung melihat kode QR.

3. Pindai atau pindai kode QR dengan smartphone

Kemudian, untuk menghubungkan akun WhatsApp Anda ke WhatsApp Web, Anda perlu memindai kode QR melalui aplikasi WhatsApp di smartphone Anda.

Cara memindai sangat sederhana. Anda hanya perlu membuka aplikasi WhatsApp di smartphone Anda. Kemudian klik Menu di Android (logo tiga titik) atau Pengaturan di iOS (ikon roda gigi) lalu pilih WhatsApp Web.

Selanjutnya, arahkan kamera smartphone Anda ke area kode QR. Setelah itu, layanan web WhatsApp Anda akan mulai bekerja secara otomatis dan Anda dapat menggunakannya.

Anda tidak perlu mengaktifkan WiFi di ponsel cerdas Anda. Namun, WhatsApp merekomendasikan untuk menghubungkan ponsel cerdas Anda ke jaringan WiFi dengan internet tanpa batas untuk menghindari konsumsi paket data yang besar.

Tentunya jika Anda menggunakan WhatsApp Web setiap hari akan sangat mengganggu jika setiap membuka WhatsApp Web selalu meminta Anda untuk memindai atau memindai kode QR terlebih dahulu.

Untuk mendapatkan akses instan ke WhatsApp Web tanpa harus memindai atau memindai ulang kode QR, lihat di bawah ini cara menggunakan WhatsApp Web tanpa memindai kode QR.

Cara menggunakan WhatsApp Web tanpa memindai kode QR

Ingin menggunakan WhatsApp Web tanpa memindai kode QR lagi? Mudah.

Jika Anda ingin menggunakan komputer yang sama untuk mengakses layanan web WhatsApp, cukup centang kotak di sebelah kata “Biarkan saya tetap masuk” atau “Tetap terhubung” di bawah yang pertama saat Anda mengakses bidang kode QR whatsapp web.

Anda juga dapat menggunakan layanan web WhatsApp secara langsung tanpa harus terus memindai kode QR bahkan setelah tab web WhatsApp ditutup atau Anda menutup browser. Artinya, Anda tidak perlu lagi memindai kode QR meskipun komputer telah dimatikan atau ditutup.

Cara menggunakan WhatsApp Web di ponsel Android dan iOS

Kamu tahu? Kamu juga bisa menggunakan WhatsApp Web di ponsel Android dan iOS lho. Simak cara berikut ini.

– Download terlebih dahulu aplikasi ‘Whats Web’ dari Google Play Store atau App Store ‘WhatScan for WhatsWeb ‘ dan instal.

– Setelah penginstalan selesai, jalankan aplikasinya, kemudian akan muncul gambar kode QR.

– Selanjutnya buka aplikasi WhatsApp di smartphone lain, lalu pilih menu web WhatsApp.

– Arahkan kamera belakang smartphone ke kode QR untuk memindainya. Setelah itu, iklan yang sama akan muncul di aplikasi WhatsApp dan Whats Web Anda.

Untuk mengobrol dengan pengguna lain di WhatsApp Web, yang harus Anda lakukan hanyalah mengeklik “Obrolan Baru” atau melanjutkan percakapan yang ada. Caranya tidak jauh berbeda dengan menggunakan WhatsApp di smartphone. Lalu bagaimana jika ingin berhenti berlangganan WhatsApp Web? Simak cara berikut ini.

Cara logout dari WhatsApp Web

Untuk logout dari WhatsApp Web, silahkan tekan ikon burger (tiga titik). Itu ada di sebelah kanan foto profil Anda. Kemudian cukup tekan tombol “Logout”.

Tips menggunakan WhatsApp Web

Setelah Anda mengetahui cara menggunakan WhatsApp Web, saatnya untuk menjelaskan beberapa tips agar Anda dapat menggunakan layanan WhatsApp resmi ini dengan lebih baik. Kiat-kiat ini termasuk pintasan untuk menemukan emoji.

1. Menggunakan pintasan keyboard untuk mengetik lebih cepat

Untuk memanfaatkan WhatsApp sepenuhnya di komputer, Anda perlu mempelajari beberapa pintasan. Jika Anda memanfaatkan ini, dijamin Anda bisa melakukan berbagai fungsi dengan cepat! Berikut adalah daftar pintasan keyboard di WhatsApp Web:

– Ctrl + N: Mulai obrolan baru

– Ctrl + Shift +]: Obrolan berikutnya

– Ctrl + Shift + [: Obrolan sebelumnya

– Ctrl + E: Mengarsipkan obrolan

– Ctrl + Shift + M: Bisukan obrolan

– Ctrl + Backspace: Hapus obrolan

– Ctrl + Shift + U: Tandai sebagai belum dibaca

– Ctrl + Shift + N: buat grup baru

– Ctrl + P: buka status profil

2. Menggunakan Banyak Akun

Beberapa orang memiliki dua ponsel dengan akun WhatsApp yang berbeda. Bisa juga orang memiliki dua nomor berbeda dan memutuskan menjalankan dua aplikasi WhatApp dalam satu ponsel.

Apa pun alasannya, ketika Anda ingin menjalankan dua akun WhatsApp di satu komputer, semuanya menjadi sedikit rumit. Anda tidak dapat membuka dua tab WhatsApp dalam satu browser dan masuk secara terpisah.

Jika Anda ingin masuk ke WhatsApp Web dengan akun berbeda, ada beberapa solusi. Cara termudah adalah membuka satu tab dalam mode biasa dan tab lain dalam mode penyamaran. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan satu akun di tab biasa dan satu di mode penyamaran.

Atau, Anda dapat menggunakan dua browser berbeda secara bersamaan. Misalnya, web WhatsApp pertama yang Anda gunakan di Google Chrome. Anda membuka Web WhatsApp lain di browser Opera.

3. Baca pesan tanpa centang biru

Centang biru menunjukkan apakah pesan telah dibaca. Fitur ini dapat dengan mudah dinonaktifkan di telepon. Namun, menonaktifkan fitur ini tidak bisa dilakukan di WhatsApp Web.

Namun, ada cara “pintar” untuk mencegah munculnya centang biru. Anda dapat membaca cara melakukannya di bawah ini:

– Buka obrolan di WhatsApp Web

– Buka Notepad atau aplikasi lain. Kemudian ubah ukurannya sehingga Anda dapat melihat seluruh percakapan di baliknya.

– Klik pada file Notepad dan tinggalkan kursor Anda di sana. Ini penting untuk mengelabui komputer. Dengan cara ini komputer mengira Anda sedang membuka aplikasi lain meskipun Anda sedang membaca pesan.

– Pesan tercantum di latar belakang jendela obrolan, yang dapat Anda lanjutkan membaca tanpa mengubah warna centang. Saat ini centangnya berwarna abu-abu, artinya Anda telah menerima pesan tetapi belum membacanya.

– Jika Anda ingin mengubah warna centang, langsung saja ke WhatsApp Web. Jika tidak, Anda dapat menutup WhatsAppWeb.

Demikian langkah-langkah menggunakan WhatsApp Web dan tipsnya. Seperti disebutkan di atas, WhatsApp Web dapat mempermudah Anda mengobrol dengan keyboard fisik. Selain itu, jika Anda memiliki keyboard berukuran besar, dijamin pengalaman mengetik Anda akan lebih nyaman.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengobrol lebih lama dan tidak bingung saat berbicara dengan banyak orang sekaligus. Sudahkah Anda mencoba WhatsApp Web?

You May Also Like

About the Author: Naomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *