Inilah Sebabnya Mengapa Anda Perlu Membuat Cadangan Obrolan WhatsApp Sekarang

Beberapa hari yang lalu, WhatsApp mengumumkan telah bermitra dengan Google untuk memungkinkan pengguna mem-backup data di WhatsApp ke Google Drive tanpa mengurangi kuota kapasitas penyimpanannya.

Tidak lama kemudian, Google membuat pengumuman lagi bahwa setiap pengguna harus mencadangkan data di WhatsApp sesegera mungkin sebelum November, karena semua cadangan yang tidak diperbarui selama setahun akan hilang dari Google Drive mulai 12 November.

Mengapa Anda harus membuat cadangan obrolan WhatsApp?

Apakah Anda memiliki data penting di WhatsApp? Atau ada riwayat percakapan yang selama ini tidak ingin Anda hapus? Segera backup sekarang, karena mulai 11/12/2018 semua data WhatsApp yang tidak update akan hilang.

Kebijakan ini mulai berlaku pada 12 November dan khusus untuk pengguna Android. Meski demikian, pengguna WhatsApp harus segera memperbarui cadangan datanya mulai sekarang.

Google juga telah mendistribusikan peringatan email untuk pengguna WhatsApp dan Google Drive untuk membackup data WhatsApp mulai sekarang. Kenapa ini?

Hal ini dikarenakan backup yang dilakukan selama ini masih memakan ruang penyimpanan Anda di Google Drive. Jadi, dengan mencadangkannya lagi mulai dari sekarang, Anda sudah memastikan bahwa kapasitas Google Drive Anda cukup untuk menampung semua data WhatsApp yang dianggap penting. Data ini mungkin termasuk teks, foto, dan video di riwayat percakapan WhatsApp Anda.

Jika Anda telah memperbarui cadangan data Anda di WhatsApp, WhatsApp dan Google Drive tidak akan menghapus data Anda di bulan November. Itu berarti kita masih memiliki waktu sekitar 3 bulan untuk menikmati data lama kita jika kita tidak ingin mencadangkannya.

Lalu bagaimana cara backup WhatsApp ke Google Drive?

Mencadangkan data di WhatsApp sangat sederhana, caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi WhatsApp di Android.

2. Tap tombol tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih “Settings” >> “Chats” >> “Chat Backup “.

3. Kemudian pilih “Simpan”.

4. Data WhatsApp Anda akan dibackup ke Google Drive secara otomatis.

Cara membackup data dari WhatsApp ke Google Drive. Sebelum memulai backup, jangan lupa perhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan backup data WhatsApp, seperti: misalnya.:

– Pilih Cadangkan ke Google Drive untuk dapat memilih frekuensi pencadangan reguler sesuai kebutuhan.

– Pilih Cadangkan via (data seluler atau Wi-Fi) untuk dapat memilih koneksi untuk mencadangkan data.

– Pastikan Anda telah menambahkan akun Google di ponsel cerdas Anda.

– Pastikan Anda memiliki cukup ruang di akun Google Drive Anda untuk menyimpan cadangan.

– Cobalah mencadangkan data menggunakan koneksi jaringan yang berbeda. Misalnya, coba sambungkan ponsel cerdas Anda ke Wi-Fi jika Anda tidak dapat mencadangkan WhatsApp melalui jaringan seluler.

Kebijakan baru WhatsApp dan Google ini bisa dibilang berguna agar kita tidak kehilangan data atau percakapan penting apapun, karena data tersebut mungkin diperlukan sewaktu-waktu di masa mendatang. Jadi jangan melakukan backup, oke? Banyak keberuntungan!

You May Also Like

About the Author: Naomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *