Tips Menjalankan Bisnis Lewat WhatsApp Business

Tips Menjalankan Bisnis Lewat WhatsApp Business – WhatsApp tengah mengembangkan cara-cara baru untuk membantu penggunanya, khususnya para pebisnis dalam berkomunikasi satu sama lain dengan pelanggannya.

Sejak WhatsApp meluncurkan versi Business, aplikasi ini telah membantu banyak orang untuk mengembangkan bisnis mereka menjadi lebih cepat, karena kini pengguna tidak perlu lagi melakukan panggilan telepon atau mengirim email.

Cukup dengan mengirim pesan singkat melalui aplikasi WhatsApp Business, pengguna pun sudah bisa berkomunikasi dengan para pelanggannya dengan mudah.

Dan saat ini, dilansir dari blog resminya, pihak WhatsApp mengatakan bahwa mereka sedang merencanakan ingin memperluas dukungan mereka untuk pebisnis yang membutuhkan cara yang lebih kuat untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka.

Di bawah ini adalah tips dari WhatsApp tentang bagaimana cara orang-orang dapat selalu terhubung dengan bisnis dan pelanggan mereka.

1. Menampilkan nomor WhatsApp di situs web atau aplikasi

Sebagai pebisnis, WhatsApp menyarankan agar kita selalu menampilkan nomor WhatsApp ke platform bisnis kita, seperti di situs web, aplikasi, atau toko online maupun offline kita.

Hal tersebut bertujuan agar pelanggan dapat dengan mudah menemukan bisnis kita dan menghubungi kita atau bertanya tentang suatu informasi kepada kita melalui WhatsApp. Dengan begitu, kita pun akan selalu terhubung dengan pelanggan.

2. Memulai Percakapan

Kita mungkin sering melihat tombol klik untuk mengobrol di situs web atau iklan Facebook untuk dapat mengirim pesan dengan cepat kepada si pemilik bisnis.

Itu adalah salah satu cara untuk memulai percakapan dengan pelanggan. Untuk itu, ada baiknya kita pun menyisipkan nomor WhatsApp kita pada tombol chat tersebut agar pelanggan kita pun bisa memulai percakapan kepada kita dengan sangat mudah.

3. Mendapatkan dukungan pelanggan

Sebagian bisnis mungkin menyediakan dukungan balasan secara real time di WhatsApp untuk menjawab semua pertanyaan mengeai produk mereka atau membantu para pelanggannya untuk menyelesaikan suatu masalah.

Hal ini sebenarnya adalah sebuah pendekatan untuk mendapatkan dukungan dari pelanggan. Dengan pendekatan ini, kita akan terus memiliki kendali penuh atas pesan yang kita terima, sehingga kita pun bisa lebih berhati-hati dalam menerima dan membalas pesan dari pelanggan.

WhatsApp berjanji akan membawa perubahan yang lebih banyak ke WhatsApp Business di masa mendatang. Untuk melakukannya, WhatsApp pun akan bekerja sama secara langsung dengan ratusan pebisnis dan sejumlah perusahaan yang khusus mengelola komunikasi dengan pelanggan.

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu WhatsApp Business, berikut adalah perbedaannya dengan WhatsApp biasa.

Bagaimana dengan WhatsApp Bisnis?

Sesuai namanya, WhatsApp Business adalah aplikasi yang sengaja dibuat hanya untuk keperluan bisnis. Aplikasi ini bertujuan untukmemudahkan perusahaan atau pebisnis untuk berinteraksi dengan pelanggannya. Pelanggan pun akan bisa lebih merasa aman karena berhubungan dengan kontak bisnis yang sudah terverifikasi.

Setelah mengunduh aplikasi WhatsApp Business di Play Store maupun App Store, sebagai langkah awal kita akan diminta untuk memasukkan nomor telepon/HP, lalu memasukkan kode unik yang dikirimkan melalui SMS sebagai bagian dari langkah verifikasi data. Setelah itu, kita akan diminta untuk memasukan nama akun bisnis di WhatsApp Business.

Karena untuk keperluan bisnis, kita diwajibkan untuk mengisi profil secara detail. Kita pun wajib mengisi deskripsi tentang keterangan bisnis, situs web, alamat, nomor telepon, dan lain sebagainya. Itu semua dibutuhkan oleh WhatsApp Business untuk memverifikasi data akun bisnis yang kita miliki.

Jika sudah terverifikasi, WhatsApp akan memberikan simbol berupa centang berawarna hijau di profil bisnis kita sebagai tanda bahwa profil akun bisnis kita telah terverifikasi dan dapat dipercaya. Fitur ini jelas tidak ada di WhatsApp biasa.

Fitur menarik lainnya yang dimiliki oleh WhatsApp Business adalah memiliki fitur Auto Response untuk meringankan beban pebisnis. Sehingga, kita dapat membalas atau mengirim pesan secara otomatis kepada para konsumen ketika kita sedang tidak ada waktu untuk membalas pesan.

WhatsApp Business juga menyediakan informasi lengkap analisis data terkait interaksi konsumsi terhadap bisnis kita. Misalnya saja seperti jumlah pesan yang telah dikirim, diterima, terkirim, dan dibaca, serta berapa banyak mengkonsumsi yang berkunjung setiap harinya.

Untuk bisa melihat hasil analisis tersebut, cukup tekan pilihan yang terletak di kanan atas percakapan, kemudian masuk ke “Pengaturan”, lalu pilih “Statistics”.

Itulah ulasan singkat mengeai WhatsApp Business. Apakah kamu tertarik untuk mencoba aplikasi ini?

You May Also Like

About the Author: Naomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *